JAKARTA, Stabilitas.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convetion Center (JCC), Senayan. Dengan mengusung tema “Brings MSMEs Indonesia to the world”.
UMKM EXPO(RT) BRILIANPREUNER 2022 merupakan inisiatif BRI mendorong pelaku UMKM untuk go global. Tema yang diusung mencerminkan optimism BRI untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjadi bagian dari pasar global.
Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan bahwa multiplier effect dari UMKM sangat besar bagi ekonomi Indonesia. Kementerian Koperasi & UKM RI yang menunjukkan bahwa UMKM menyerap kurang lebih 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92% dari total angkatan kerja di Indonesia.
BERITA TERKAIT
Masyarakat dapat menyaksikan langsung produk UMKM pilihan terbaik melalui pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 yang berlangsung mulai 1 sampai 31 Desember 2022 di JCC mau pun secara daring.
Selain itu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 juga menghadirkan acara online expo, Bazaar Online di marketplace Shopee dan Tokopedia, Live Shopping, Coaching Clinic, Podcast, Yuk Berkreasi, Business Matching, UMKM Haul, Nusantarasa, Sharing & Talkshow bersama ekspertis dalam “Ngobrol Bisnis & Pintar Brilianpreneur” hingga Business Matching Award.
Terdapat 500 UMKM Bazzar Online dan 250 UMKM showcase pilihan yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga 40 buyers internasional dari 20 negara.
“Ajang ini menjadi momentum yang tepat bagi UMKM tanah air bukan hanya menunjukkan kualitas produknya, tetapi juga menjadi kesempatan menunjukkan bahwa UMKM ikut mendukung dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) misalnya prinsip konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, menjaga ekosistem darat dan laut, serta mendukung penciptaan pekerjaan yang layak bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ungkap Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM.
Ada beragam kategori produk UMKM yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest. Untuk diketahui, Indonesia’s Finest hadir secara khusus sebagai salah satu momen kebangkitan UMKM Indonesia pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini.
Diadakan pula “Mix n Match” yang dikemas dalam program dari “Lokal Jadi Kece” yang menjadi momen unjuk gigi produk fesyen UMKM lokal. Terdapat pula konten menarik Cerita Wastra yang akan mengupas tuntas budaya penggunaan salah satu Wastra Nusantara yaitu kain endek.
Seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan penjualan serta semakin menunjukkan keunikan dan kualitas produk UMKM lokal.
Rangkaian acara dan informasi terkait UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dapat di akses melalui www.brilianpreneur.com dan Youtube Bank BRI. Pada website tersebut seluruh masyarakat dapat menikmati virtual expo hingga area Indonesian Finest.***
Reporter : Muhammad Rifai