JAKARTA, Stabilitas– PT Sun Life Financial Indonesia mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama Bank Muamalat Indonesia. Kerja sama ini dikukuhkan melalui penandatanganan yang dilakukan oleh Danning Wikanti, Chief Partnership Distribution Sun Life Financial Indonesia dan Purnomo B. Soetadi, Retail Banking Director PT Bank Muamalat Indonesia, disaksikan oleh Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia bersama Achmad Kusna Permana, Chief Executive Officer PT Bank Muamalat Indonesia.
“Sektor syariah menjadi sektor bisnis yang krusial bagi perusahaan, dan saat ini terus menunjukkan tren yang positif dengan menyumbang sekitar 9 persen dari total premi Sun Life secara keseluruhan. Kemitraan yang kami jalin menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan akses bagi masyarakat terhadap layanan produk asuransi syariah kami,”kata Elin Waty
Elin menambahkan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, potensi industri keuangan berbasis syariah di Indonesia masih sangat besar. Sayangnya berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) indeks literasi keuangan syariah pada 2016 baru mencapai angka 8,16 persen . Meski demikian, data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menunjukkan peningkatan penetrasi asuransi jiwa syariah selama 2018, meski masih di bawah 5 persen. Artinya, potensi industri asuransi syariah untuk bertumbuh dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa masih sangat besar. “Untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi keuangan syariah di tanah air, Sun Life berkolaborasi dengan Bank Muamalat dalam menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau produk asuransi syariah melalui jalur distribusi bancassurance,”imbuhnya.
Menyambut baik kerja sama strategis dengan Sun Life, Achmad Kusna Permana, Chief Executive Officer PT Bank Muamalat Indonesia menyatakan kedua pihak akan menggabungkan keunggulan masing-masing perusahaan demi menjangkau masyarakat Indonesia.
“Menggabungkan jangkauan nasabah Bank Muamalat yang tersebar di seluruh Indonesia dengan keunggulan Sun Life sebagai pionir bagi industri asuransi syariah tanah air, kami percaya melalui kerja sama ini semakin banyak masyarakat di Indonesia yang dapat meraih berbagai manfaat dan keunggulan yang ditawarkan produk asuransi perbankan berbasis syariah,”kata Achmad.
Lebih jauh Achmad mengungkapkan, kerja sama ini mencakup di antaranya, penempatan Tenaga Pemasar Asuransi Sun Life di cabang-cabang Bank Muamalat Indonesia (in-branch), Telemarketing, serta melalui e-banking. Produk-produk yang dipasarkan termasuk Single Premium Unit Link, Regular Premium Unit Link, Term Life serta Micro Insurance yang akan dipasarkan melalui distribusi e-banking.
Untuk tahap awal kerja sama ini, dalam waktu dekat Sun Life akan meluncurkan produk unit link yang akan dilengkapi dengan fitur wakaf. Kehadiran produk ini akan menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah, khususnya dalam berwakaf.
“Melalui kemitraan ini, Sun Life berupaya untuk terus mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi masyarakat terhadap manfaat dari asuransi syariah, melalui inovasi produk yang menjawab kebutuhan, serta peningkatan jaringan demi memudahkan masyarakat menjangkau produk syariah kami. Sun Life meyakini, Industri asuransi syariah masih memiliki potensi untuk terus tumbuh, dan berkontribusi lebih kepada kesejahteraan individu dan masyarakat secara luas,” tutup Elin.