JAKARTA, Stablitas.id – PT Satyamitra Kemas Lestari yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas coklat, mengawali tahun 2022 dengan hasil kinerja yang baik. Hasil ini didorong oleh semakin berkembangnya industri kemasan di Indonesia.
Pada Kuartal I2022 SMKL meraih penjualan Rp574 miliar atau meningkat sebesar 18% YoY. SMKL juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp33 miliar atau naik 21% YoY.
“Adanya pemulihan perekonomian Indonesia, dan juga trend bisnis berkelanjutan yang semakin marak ini menjadi faktor pendorong bisnis SMKL sebagai penyedia kemasan kertas ramah lingkungan terintegrasi. Adapun yang menjadi kontibutor utama pertumbuhan penjualan SMKL ialah pada segmen bisnis utama kami, yaitu carton box sebesar Rp327 miliar yang juga mengalami kenaikan sebesar 16% YoY pada Kuartal I-2022.” Ungkap Herryanto Setiono Hidayat selaku Direktur Marketing SMKL.
SMKL memiliki beberapa segmen usaha yang terdiri dari carton box, offset printing box, preprint corrugated box, dan rigid box.
Masing-masing kontribusinya terhadap penjualan Kuartal I-2022, yaitu carton box sebesar 57%, offset printing box sebesar 27%, preprint corrugated box sebesar 13%, dan rigid box sebesar 3%. Melalui segmen-segmen tersebut SMKL juga menyediakan pemesanan secara customized sebagai keahlian SMKL untuk memenuhi permintaan para pelanggan.
Selain fokus untuk memenuhi berbagai pesanan kemasan untuk berbagai perusahaan, SMKL juga turut mendukung bisnis berkelanjutan dengan menyediakan kemasan kertas berbahan dasar ramah lingkungan.
SMKL sebagai penyedia kemasan kertas juga memperhatikan pengelolaan limbah kertasnya dengan mengirimkan ke pabrik kertas untuk didaur ulang. Melalui upaya bisnis berkelanjutannya ini SMKL juga telah memperoleh sertifikasi berkelanjutan Forest Stewardship Council (FSC). Lalu, kedepannya SMKL akan memasang solar panel dengan target penghematan biaya listrik sebesar 5-8%.
“Pada tahun 2022 ini SMKL menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15%. Kami akan terus berinovasi dan memenuhi permintaan pelanggan SMKL dengan optimal. Semoga SMKL dapat mencapai target tersebut dan menjalankan strategi-strategi kami dengan baik pada tahun ini dan tahuntahun mendatang,” tutup Herryanto.***