JAKARTA, Stabilitas.id – Dalam upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI telah memfokuskan perhatiannya pada memperluas akses dan memudahkan bertransaksi bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM, melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Pada tahun 2023, tercatat volume transaksi merchant QRIS BRI mengalami lonjakan signifikan sebesar 400%, menunjukkan adopsi yang pesat oleh masyarakat karena keunggulannya dalam kemudahan dan kecepatan.
“Pertumbuhan yang pesat ini menandakan bahwa penggunaan QRIS semakin diminati masyarakat karena lebih mudah dan cepat.” Ujar Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto dalam siaran pers yang dikutip Selasa (27/2/2024).
Dilaporkan bahwa jumlah merchant QRIS BRI telah mencapai 3,7 juta, mengalami pertumbuhan 30% year-on-year (yoy), sejalan dengan upaya akuisisi merchant QRIS BRI yang dilakukan secara masif. Pada tahun ini, BRI memproyeksikan pertumbuhan akuisisi merchant QRIS sebesar 20% yoy, dengan volume transaksi yang diproyeksikan tumbuh sekitar 18% yoy.
BERITA TERKAIT
Selain melakukan akuisisi di berbagai pusat perbelanjaan, tempat wisata, kuliner, dan pusat transaksi lainnya, BRI juga terus memperluas akses QRIS melalui API, memudahkan integrasi dengan aplikasi mitra.
Andrijanto menekankan, “Kehati-hatian dalam bertransaksi QRIS harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat… Bagi semua merchant BRI, terutama merchant masjid, yayasan, ataupun lembaga non-profit lainnya, agar dapat memeriksa kondisi stiker QRIS secara rutin untuk memastikan keasliannya.”
BRI juga menjamin keamanan bagi nasabah selama bertransaksi dengan melakukan verifikasi data sesuai SOP, termasuk melampirkan KTP pihak merchant yang langsung divalidasi ke portal Dukcapil, serta melakukan perjanjian kerja sama dengan pemilik merchant untuk mencegah fraud QRIS.
Dari sisi pembeli, jika pembayaran menggunakan QRIS melalui aplikasi BRImo, akan ditampilkan nama merchant QRIS secara lengkap, memastikan keamanan transaksi.
Dengan komitmen yang kuat dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan, BRI terus berinovasi untuk memberikan layanan yang aman, mudah, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia. ***
Penulis: Syahrani