Jakarta-Stabilitas. Generasi milenial atau mereka yang lahir di dekade 90-an dikenal sebagai generasi yang tanggap teknologi. Jumlahnya kini dalam demografi Indonesia terus meningkat dan diperkirakan mulai tahun mendatang mereka mendominasi pasar Indonesia di masa depan.
Namun demikian, satu hal yang menggembirakan adalah generasi ini lebih suka menggunakan aplikasi buatan dalam negeri dalam memenuhi kebutuhannya. Hal itu terungkap dari riset yang dilakukan oleh Alvara Strategic Research, sebuah lembaga konsultan dan penyedia riset ekonomi dan politik.
“Penetrasi pengguna mobile application terbesar yaitu pada aplikasi transportasi, food delivery apps, dan shopping. Di sektor aplikasi e commerce, perusahaan Indonesia memimpin di negaranya sendiri, kecuali shopping application,” kata riset tersebut.
Saat ini Indonesia memiliki aplikasi Gojek yang memang menjadi super unicorn dan penetrasi pasarnya terus menguat. Bahkan menurut survei tersebut Go-Jek merupakan transportation apps yang lebih dikenal dan ingin digunakan konsumen di masa mendatang.
Ada beberapa kesimpulan dari riset yang dilakukan baru-baru ini di kota-kota besar Jawa dan Bali. Di antaranya adalah pasar milenial adalah pasar terbesar dan paling potensial di Indonesia, baik dari sisi jumlah maupun perilaku yang berbeda dengan segmen pasar lainnya. Selain itu, penetrasi pengguna mobile application terbesar yaitu pada aplikasi transportation, food delivery apps, dan shopping.