JAKARTA, Stabilitas.id – Gelaran Elite Label Road Race Maybank Marathon yang ke-13 oleh Maybank Indonesia, dinilai mampu berdampak baik terhadap perekonomian Bali.
Acara tersebut diselenggarakan di Gianyar, Bali, pada Minggu (25/8/24). Berdasarkan dari Katadata Insight Center, dampak yang ditimbulkan dari penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 terhadap perekonomian di Bali mencapai Rp125 miliar. Angka ini didapatkan dari pengalian nilai rata-rata belanja peserta lari sebesar Rp9,8 juta dengan jumlah total peserta lari yaitu, 12.700 orang.
Studi ini juga mengukur dampak tidak langsung (multiplier effect) penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 yang tercatat sebesar Rp164 miliar. Angka ini didapatkan melalui perkalian nilai dampak langsung terhadap indikator ekonomi di 52 sektor seperti, diantaranya, konstruksi, perdagangan, jasa informasi dan komunikasi, hingga jasa kesehatan.
“Studi yang dilakukan oleh media partner Maybank Marathon ini telah memberikan indikasi atas dampak ekonomi yang ditimbulkan dari penyelenggaraan event internasional kami berdasarkan jumlah peserta tahun 2024, yakni sebanyak 12,700 orang. Kami bersyukur, Maybank Marathon tidak hanya mampu menarik minat peserta lari dari dalam maupun luar negeri yang terus meningkat setiap tahunnya, tetapi juga mampu mendorong perputaran dana melalui pembelanjaan yang dilakukan,” ungkap Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, dalam keterangan resminya.
Selain itu, diketahui durasi stay-in peserta Maybank Marathon terbanyak mencapai 3-4 hari, dan 56,7% peserta berangkat ke Bali bersama rekan dan komunitasnya, sedangkan 26,7% mengajak anggota keluarga. Demikian juga, sebesar 13,3% datang bersama pasangan dan sebesar 6,7% berangkat sendiri.
Selain mengikuti Maybank Marathon 2024, peserta juga melakukan wisata alam sebesar 96,7%, wisata adventure sebesar 26,7%, wisata kebugaran sebesar 23,3%, wisata hiburan sebesar 13,3% dan wisata taman rekreasi sebesar 10%.
Untuk memahami persepsi peserta terhadap perhelatan Maybank Marathon 2024, Maybank Indonesia menggelar survei pasca event dengan tingkat kepuasan (overall satisfaction rate) yang mencapai 91% Jakarta, 07 Oktober 2024 diikuti dengan 93% peserta menyatakan puas dengan lokasi baru dan rute lari yang disesuaikan, sebesar 88%.
“Selain mengukur dampak ekonomi, hasil survei pasca event yang positif ini juga menjadi bukti keberhasilan kami dalam menyelenggarakan event berstandar internasional yang terus kami pupuk dari tahun ke tahun,” ungkap Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.
Widya menyimpulkan, dampak positif yang dikontribusikan Maybank Marathon yang tercermin melalui studi ekonomi maupun survei pasca event ini telah terus mendorong Maybank Indonesia untuk berupaya meningkatkan kualitas dan menghadirkan kejutan baru dalam perhelatan lomba dengan predikat Elite Label Road Race dari World Athletics.***