BINTARO, Stabilitas.id – Setelah berhasil dengan tranformasi bisnis sepanjang 2020 dengan capaian kinerja positif, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) akan lebih fokus dalam memanfaatkan digitalisasi guna mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Sesuai rencana bisnis yang diaerahkan ke OJK, tahun 2021 ini CNAF menargetkan pertumbuhan pembiayaan double digit.
“Tahun lalu (2020) sesuai laporan unaudit kinerja kami tumbuh melampaui industri. Tahun ini loan kita targetkan tumbuh double digit,” ungkap Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman di sela-sela acara peresmian Kantor Pusat Baru CNAF di Jl Bintaro Utama 9, Tangerang Selatan yang dilakukan dengan konsep hybrid, (online dan offline) dengan protokol kesehatan COVID-19 (termasuk didalamnya swab antigen untuk peserta yang hadir) hari ini, Jumat (19/02).
Ristiawan menjelaskan, memasuki tahun 2021 perusahaan telah melakukan transformasi melalui berbagai inisiatif efisiensi perusahaan dengan langkah percepatan inovasi digital bagi perusahaan dan nasabah. Diantaranya Digital Customer Service (Digital CS), Tanda Tangan Digital atau Digital Signature, Lelang Mobil Online, Peluncuran Fitur CNAF Mobile – Sahabat CNAF, dan Program Sahabat Binaan CNAF.
BERITA TERKAIT
Sebagai langkah awal dari transformasi perusahaan, CNAF berpindah Kantor Pusat dengan status kepemilikan gedung sendiri. Kantor ini merupakan konsolidasi unit dan fungsi dari beberapa gedung yang sebelumnya tersebar di beberapa lokasi.
“Ini adalah satu langkah nyata dalam menekan biaya operasional perusahaan. Mengusung konsep open office yang dapat menciptakan kegiatan operasional yang terintegrasi secara digital sehingga sinergi, kolaborasi dan produktifitas karyawan semakin baik lagi”, kata. Ristiawan.
Selain itu, dalam rangka memberikan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman bagi nasabah, CNAF mengumumkan peresmian penggunaan platform Tanda Tangan Digital (Digital Signature) dan Digital Customer Service (Digital CS).
Didukung teknologi terbaru, platform Digital Signature hadir untuk memudahkan calon nasabah memberikan persetujuan dokumen perjanjian pembiayaan melalui gadget sehingga nasabah dapat tetap melakukan komunikasi perjanjian tanpa harus melakukan tatap muka langsung.
“Sehingga keamanan dan kesehatan calon nasabah tetap tejaga. Selaras dengan semangat yang sama, Digital CS hadir untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dengan customer service officer CNAF,” tegas Ristiawan.
Dalam mempererat hubungan CNAF dengan nasabah, Sahabat CNAF hadir sebagai fitur baru CNAF Mobile berupa program MGM atau member get member.
“Inovasi ini mencerminkan kemampuan kami dalam mengubah tantangan menjadi peluang dalam melakukan pelayanan secara digital serta tetap kreatif melakukan komunikasi dengan para nasabah melalui teknologi. Hal ini sekaligus wujud komitmen kami sebagai perusahaan pembiayaan yang mengutamakan customer experience,”
Sahabat Binaan CNAF
Dalam kesempatan yang sama, sebagai bentuk inisiatif bisnis berkelanjutan, CNAF berkomitmen melaksanakan rencana aksi keuangan berkelanjutan.
CNAF melakukan peluncuran Program Sahabat Binaan CNAF yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi berkelanjutan bagi penyandang disabilitas. Program Sahabat Binaan CNAF akan memberikan pelatihan serta modal kepada komunitas-komunitas penyandang disabilitas di Indonesia. Sebagai langkah pertama, program Sahabat Binaan CNAF akan dilaksanakan bekerjasama dengan yayasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat CNAF untuk melaksanakan program pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas.
“Kegiatan ini merupakan salah satu fokus tanggungjawab perusahaan (corporate responsibility) kepada masyarakat. Melalui Sahabat Binaan CNAF, kami turut mendukung upaya meningkatkan semangat pantang menyerah, meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan hingga kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera. Kami berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya,” tutup Ristiawan.