JAKARTA, Stabilitas.id – Konsistensi dalam berinovasi menjadi fondasi kesuksesan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dalam melakukan transformasi Digital dalam mengimbangi disrupsi digital yang menjadi tantangan terbesar industri perbankan masa kini.
“Bisa saya ceritakan di sini adalah yang kami sebut dengan BRI Excellence Award. Itulah ajang kami mengundang para Insan BRILian atau pekerja BRI untuk bisa menyumbangkan saran, menyumbangkan pikiran dan juga kemudian mengejawantahkan ide-idenya dalam bentuk-bentuk yang lebih konkret.” Ungkap Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha.
Mengembangkan ide-ide inovasi dari Insan BRILian merupakan fungsi EMBRIO, yang merupakan program pengembangan inovasi komprehensif untuk memunculkan gagasan-gagasan revolusioner yang dapat menjadi solusi bagi pertumbuhan bisnis BRI di masa depan.
BERITA TERKAIT
Tidak hanya mengenai pengembangan dan menciptakan produk, namun meningkatkan kompetensi dan budaya inovasi pada insan BRILiaN, EMBRIO menjadi wadah dalam mendorong personal growth dan bisnis perusahaan melauli ide-ide Insan BRILiaN.
“Kami tidak hanya cukup berpuas diri dengan hanya menuangkan ide. Tapi juga sampai minta teman-teman yang ikut program EMBRIO ini untuk bisa membuatnya menjadi konkret. Level yang lebih mengkristal. Sampai level mungkin bikin aplikasi dan segala macam. Inovasi yang sangat-sangat bermakna, impactful. Ini yang kami lakukan terus. Ada beberapa program lain tapi rasanya yang bisa kami ceritakan dengan optimistis, dengan penuh semangat barangkali dua program tadi,” lanjut Arga.
Inovasi BRI yang berkontribusi besar adalah BRILink, Hingga akhir Desember 2022, BRI telah memiliki 627 ribu agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Agen BRILink tersebut telah melayani 979 juta transaksi finansial.
Bahkan BRI memperoleh Rp1,4 triliun dalam bentuk fee based income dari transaksi-transaksi tersebut. Selain itu, ada super apps BRI yaitu BRImo yang hingga akhir Desember 2022 telah digunakan oleh 23,85 juta user atau tumbuh 68% secara tahunan. Pertumbuhan pengguna itu kemudian diikuti dengan volume transaksi mencapai Rp.2.669 triliun atau tumbuh 98,48% yoy.
Baru baru ini, BRI memperkenalkan platform anyar yang terintegrasi untuk produk wholesale banking yaitu Qlola. Melalui produk baru itu BRI menawarkan kemudahan dan keunggulan bagi nasabah wholesale untuk dapat mengakses berbagai fitur perbankan melalui mekanisme single sign on.***
Reporter : Muhammad Rifai