JAKARTA, Stabilitas.id – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023 sebagai acara yang berupaya mempromosikan produk unggulan Indonesia sekaligus memperluas peluang pasar ekspor UKM ke luar negeri.
TEI ke-38 2023 mengangkat tema Sustainable Trade for Global Economic Resilience, yang mana, KemenKopUKM memfasilitasi 22 UKM untuk ikut serta berpameran, yang terdiri dari 2 UKM kategori furnitur dan homedecor, 9 UKM personal care dan wellness, serta 11 UKM di bidang makanan dan minuman.
KemenKopUKM juga memfasilitasi merek kolektif MyNyale yang menampilkan produk unggulan dari Lombok, yang juga merupakan hasil kerja sama dengan United Nation Industrial Development Organization (UNIDO) dan Kementerian Perdagangan.
BERITA TERKAIT
Sekretaris Deputi Bidang UKM, KemenKopUKM, Koko Haryono dalam keterangan resminya di Jakarta, pada Sabtu (21/10/23), mengatakan MyNyale merupakan brand yang mewadahi 12 koperasi dan UKM. Salah satunya Koperasi Gumi Nyale dengan produk wastra, aksesori, dan produk pangan pertanian.
“Kehadiran MyNyale di TEI membawa perspektif baru bagi produk-produk buatan lokal Lombok dengan menerapkan praktik-praktik pengembangan produk berkelanjutan yang diakui secara internasional untuk direplikasi di seluruh Indonesia,” ungkap Koko.
Tercatat sebanyak 5.600 calon pembeli internasional dari 100 negara hadir pada (TEI) tahun ini. Pameran TEI digelar pada 18-22 Oktober 2023 berlokasi di Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. Pameran TEI 2023 juga dilaksanakan secara daring berbasis e-catalogue pada 18 Oktober – 18 Desember 2023.
Pada kesempatan tersebut, National Agrifood Value Chain Specialist UNIDO, Lilik Triyanto mengatakan, banyak pengunjung yang terdiri dari pengusaha, wirausahawan, dan eksportir hadir di stand MyNyale.
“Salah satu pengusaha dari Chili sangat terkesan dengan produk MyNyale, terutama tekstil tenun yang dibuat dari serat eceng gondok. Dia menunjukkan antusiasme yang tinggi ketika bertanya tentang proses produksi dan meminta video yang menunjukkan cara pembuatannya. Jelas sekali bahwa mereka sangat tertarik dengan produk kami,” katanya.
Dalam kegiatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan Technical Arrangement antara Swisscontact, KemenKopUKM, serta KADIN Swiss yang merupakan kerja sama Pengembangan Kapasitas bagi Layanan Promosi Ekspor.
Kerja sama mencakup upaya meningkatkan layanan promosi ekspor kepada perusahaan yang siap ekspor, memberikan akses yang lebih baik kepada perusahaan-perusahaan ini dengan fokus kuat pada target pasar Swiss dan Eropa.***