Jakarta – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mencatat pertumbuhan jumlah kartu co branding dengan Chelsea Football Club (CFC) terus bertambah. Hingga semester I-2013, bank berkode emiten BBNI itu telah mengeluarkan 133 ribu kartu co branding BNI-Chelsea.
Padahal, bank plat merah itu awalnya hanya menargetkan penerbitan kartu co branding BNI-Chelsea sebanyak 25.000 dalam setahun atau hingga Agustus 2013 mendatang. "Nilai outstanding kartu co branding BNI-Chelsea mencapai Rp5,3 triliun," sebut Direktur Konsumer & Ritel BNI Darmadi Sutanto usai acara Press Conference Kedatangan Chelsea Football Club di Jakarta, Selasa (23/7).
Ia memperinci, dari total kartu co branding tersebut, sebanyak 33 ribu merupakan kartu kredit. Sementara sisanya sebesar 100 ribu merupakan kartu debit. "Kartu co branding BNI-Chelsea kita sudah over permintaan, kita mau tingkatkan targetnya," sebut Darmadi.
BERITA TERKAIT
Besarnya permintaan, kata dia, terjadi sejak awal tahun ini, dan puncaknya bulan lalu. Sepanjang juni, permintaan kartu co branding BNI-Chelsea naik 15% dari rata-rata bulanan. "Kenaikan juga terjadi pada rata-rata nilai transaksi, biasanya Rp1,6 triliun pe bulan, di Juni naik 15% juga," sebutnya. Secara keseluruhan, jumlah kartu debit dan kredit BNI mencapai 1,8 juta.
Diketahui, kerja sama antara BNI dan Chelsea ini diawali penandatanganan MoU antara Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo dengan pihak Chelsea pada Maret 2012. MoU ini ditindaklanjuti dengan peluncuran kartu-kartu co branding BNI-Chelsea pada Agustus 2012. Kartu co branding BNI-Chelsea diterbitkan secara lengkap karena terdiri atas kartu kredit, kartu debit, dan kartu prabayar, baik kartu debit edisi khusus dan reguler, kartu kredit edisi khusus dan reguler, ada juga kartu BNI-Chelsea untuk anak.
BNI menyiapkan program-program menarik yang memungkinkan untuk membangun minat calon pemilik baru kartu-kartu BNI yang berlogokan khusus simbol-simbol Chelsea, baik dengan program BNI-Chelsea Payment Card Reward Goest to Stamford Bridge. Di samping itu, BNI memboyong tim CFC ke Indonesia.
Ditempat yang sama, Gatot mengatakan bahwa peningkatan jumlah kartu co branding BNI-Chelsea ini tak lepas dari besarnya jumlah penggemar klub raksasa sepakbola asal Inggris itu di tanah air. "Waktu kita kerjasama, klub Chelsea awalnya bersedia datang ke Jakarta pada tahun 2015, alasannya sesuai jadwal tur Asianya. Tapi melihat dari jumlah kartu yang besar, akhirnya Chelsea mempercepat kedatangannya," terang Gatot.
Chelsea tiba di tanah air Selasa (23/7/2013). Rencananya, The Blues akan melakukan pertandingan persahabatan dengan tim Indonesia All Star pada Kamis (25/7/2013) di Stadion Gelora Bung Karno.