JAKARTA, Stabilitas.id – ALAMI Group melalui PT BPRS Hijra ALAMI (Hijra Bank) melakukan transformasi digital dengan meluncurkan aplikasi mobile banking, Hijra Bank Apps.
Acara peluncuran tersebut dilaksanakan di Jakarta, pada Selasa (6/9/22) dan dihadiri oleh CEO ALAMI Group Dima Djani, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1, DKI Jakarta & Banten Roberto Akyuwen, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Ita Rulina, serta Ahli Ekonomi Keuangan Syariah Mulya E Siregar.
Dalam kesempatan tersebut, Dima Djani mengatakan, peluncuran tersebut mengangkat tema “LifeUpgrade” yang diharapkan dapat mengajak masyarakat dalam menjalankan misi kebaikan melalui teknologi.
“Peluncuran Hijra Bank adalah awal dari inovasi dan insya Allah akan kami kembangkan dengan membangun ide menggerakkan kebaikan bersama-sama, berkomitmen merevolusi keuangan syariah di Indonesia untuk melayani umat melalui teknologi,” ungkap Dima Djani.
Ia menambahkan, Aplikasi Hijra Bank dapat terwujud dengan bantuan dan kolaborasi dari ALAMI Group dan pemangku kepentingan yakni, OJK, BI dan Pemerintah. Selain peluncuran, Hijra Bank juga melangsungkan diskusi dengan tema “Digitalisasi BPRS Kunci Ciptakan Inklusi Keuangan Syariah Bagi UMKM dan Masyarakat.”
Selanjutnya, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1, DKI Jakarta & Banten, Roberto Akyuwen, mengatakan OJK sebagai regulator terus mendorong perbankan untuk melakukantransformasi digital agar dapat memenuhi kebutuhan nasabah.
“Apa yang dilakukan pada hari ini adalah suatu pencapaian yang secara fundamental sangat luar biasa bagi BPR dan BPRS. Kami berharap peluncuran Hijra Bank App dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia merupakan muslim,” ungkap Roberto.
Selain Roberto, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Ita Ruliana juga menyampaikan dukungan dan apresiasi atas pencapaian dari Hijra Bank untuk go-digital.
“Dari ekosistem kami, yakni perbankan pada jalur pembiayaan, Hijra Bank menjadi BPRS pertama yang hijrah sepenuhnya ke digital. Dengan ini, Hijra Bank dapat mengajak kebaikan agar menjalani ekosistem halal value chain,” jelasnya.
Sementara itu, Ahli Ekonomi dan Keuangan Syariah, Mulya E Siregar menjelaskan, perlu waktu lama untuk BPRS go digital. Perubahan regulasi perbankan yang lebih dinamis akhirnya mempercepat perbankan untuk berinovasi.
“Untuk membuat BPRS go digital perlu keberpihakan dan dukungan dari para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah sebagai pembuat regulasi. Dengan regulasi yang dinamis dan customer experience oriented akhirnya mempercepat inovasi perbankan, termasuk Hijra Bank,” ungkap Mulya.
Sebagai informasi, Hijra Bank memiliki beberapa fitur yang unik dan dapat mengajak nasabah pada misi kebaikan, salah satunya Sedekah Sign Up. Program tersebut merupakan sedekah cahaya sebagai ajakan kepada masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan dana yang disubsidi oleh Hijra Bank.
Kemudian ada fitur menarik lainnya seperti Tabungan Wadi’ah, Transfer, Hijra Box untuk membantu umat mengatur keuangan lebih cermat sesuai dengan tujuannya, dan Hijra Lifestyle yang menghadirkan sesi kajian ilmu dari para ahli dengan topik menarik dan bermanfaat seperti parenting, kehidupan rumah tangga, dan kesehatan mental.***
Reporter: Rifay – Reihan