JAKARTA, Stabilitas.id – Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meningkatkan layanan keuangan nasabah ultra mikro, dengan Sentra Layanan Ultra Mikro atau SENYUM yang menyatukan tiga layanan dalam satu tempat.
Salah satu nasabah yang menikmati layanan ini, Eti Herawati, warga Desa Soriutu, Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang mengatakan bahwa Gerai Senyum merupakan solusi yang dapat mempermudah layanan keuangan dengan biaya murah dan proses yang cepat.
“Lebih lengkap produk yang dibutuhkan masyarakat dan bisa membantu kebutuhan ekonomi. Layanan menjadi maksimal dan memenuhi segala kebutuhan masyarakat dalam satu tempat. Di sana kita diarahkan sesuai kebutuhannya masing-masing,” ungkap Eti.
Eti yang juga merupakan Agen BRILink dan Agen Pegadaian, layanan ini membantu perekonomiannya dan meningkatkan pendapatannya setiap hari. Dalam satu hari, Eti bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp700 ribu.
Saat ini melalui Holding UMi ketiga entitas perusahaan yang tergabung memiliki lebih dari 16.900 unit gerai layanan fisik di seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk Gerai Senyum sudah mencapai 1.002 titik dan terus akan ditambah serta dikembangkan.
Mengacu data BRI Group sebagai induk Holding UMi per Juni 2022, ada sekitar 45 juta potensi nasabah ultra mikro yang dapat diberdayakan.
Namun, masih ada sekitar 12 juta pelaku usaha UMi yang mengakses pembiayaan informal yang didalamnya termasuk rentenir, dan sekitar 18 juta pelaku usaha UMi lainnya belum tersentuh lembaga pembiayaan formal maupun informal.***