PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) meluncurkan fitur terbarunya, pembelian tiket kereta api melalui CIMB Clicks yaitu layanan internet banking dan akan diteruskan di fasilitas e-Channel CIMB Niaga lainnya, hari Rabu 6 Juli 2011, bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Direktur Retail Banking & Syariah CIMB Niaga Ferdy Sutrisno mengungkapkan, pengguna jasa transportasi di Indonesia, khususnya kereta api, masih sangat besar. Selain harga tiketnya yang lebih murah ketimbang pesawat terbang, masih banyak masyarakat yang memandang kereta api sebagai primadona dibandingkan transportasi darat lainnya. “Kami dari CIMB Niaga melihat potensi tersebut, dan atas dasar itulah kami meluncurkan fitur terbaru kami di e-Channel, yaitu pembelian tiket kereta api,” kata Ferdy.
Prosedur pemesanannya cukup mudah. Nantinya, calon penumpang tinggal melakukan pemesanan melalui Contact Center KAI di nomor 121 dari telpon rumah atau 021-121 dari telpon genggam. Pemesanan melalui Contact Center ini bisa dilakukan hingga enam jam sebelum keberangkatan. Kemudian, setelah mendapatkan kode booking, proses selanjutnya tinggal melakukan pembayaran melalui e-Channel CIMB Niaga, dengan memasukkan kode booking-nya. Bukti pembayaran itulah yang nantinya akan ditukarkan menjadi tiket oleh calon penumpang di loket stasiun sebelum keberangkatan.
BERITA TERKAIT
Fitur ini menyusul fitur sejenis lainnya yang telah diluncurkan CIMB Niaga, yaitu pembayaran tiket untuk Garuda Indonesia, Lion Air, dan Merpati. Ferdy berharap, adanya fitur baru ini bisa menambah jumlah pengguna CIMB Clicks. “Apalagi menjelang masuknya bulan Ramadhan dan Lebaran, dimana umumnya terjadi lonjakan penumpang untuk seluruh jenis transportasi,” imbuh Ferdy.
Akhir tahun 2010, jumlah pengguna CIMB Clicks sudah mencapai 205.457 pengguna. Per akhir Juni 2011, jumlahnya sudah naik menjadi 318.327 pengguna. Adapun dari sisi transaksi, juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, jika sepanjang tahun 2010 tercatat 19 juta transaksi dilakukan melalui CIMB Clicks, sampai pertengahan tahun 2011 ini sudah hampir mencapai 23 juta transaksi.
Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengungkapkan, pihaknya menyambut gembira kerjasama ini, dan berharap dengan layanan CIMB Clicks ini dapat lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan tiket kereta api. “Semoga kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi, dan tidak terbatas pada layanan ini saja,” imbuh Wimbo.
Wimbo menambahkan, kini tiket KA kelas eksekutif dan kelas bisnis bisa dipesan dan dibeli di berbagai tempat, antara lain : reservasi di loket stasiun, pembelian langsung melalui Drive Thru, agen perjalanan, toko Indomaret seluruh Jawa, jaringan Citos Online, dan kantor pos. Waktu pemesanan mulai 30 hari sebelum keberangkatan (H-30) sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan (H-1).