JAKARTA, Stabilitas.id – Dalam rangka mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan perbankan pada saat mudik lebaran Idul Fitri 1444 H, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Waze menginisiasi informasi lengkap yang dapat diakses masyarakat atau pemudik.
Seperti diketahui, Waze merupakan peranti lunak navigasi gratis di perangkat telepon genggam maupun tablet PC dengan GPS. Aplikasi ini menjadi petunjuk arah kendaraan secara real-time berdasarkan pembaruan lalu lintas langsung.
Terkait hal ini, BRI bersama Waze menyediakan informasi lengkap yang berisi titik lokasi di antara jalur mudik batas barat Lampung sampai dengan batas timur Denpasar. Total ada sejumlah 150 titik AgenBRILink, 150 titik Unit Kerja BRI, dan 150 titik ATM BRI.
BERITA TERKAIT
Ketika meng-klik item di Waze, pengguna akan menemukan informasi mengenai layanan tersebut, yakni alamat lengkap lokasi serta jam operasional. Seperti AgenBRILink yang beroperasi pada pukul 09.00-17.00, ATM BRI yang beroperasi 24 jam, dan juga layanan terbatas Unit Kerja BRI.
Terdapat pula layanan Kantor BRI secara terbatas selama tiga hari lebaran yakni pada tanggal 19, 21, dan 24 April 2023 di 163 Unit Kerja Operasional (UKO) di seluruh Indonesia. Adapun jenis layanan operasional terbatas di beberapa kantor operasional BRI, antara lain pembukaan rekening simpanan, setoran rekening simpanan dan pinjaman, setoran penerimaan negara, setoran penebusan DO BBM/Non BBM dari SPBU Pertamina, dan layanan perbankan lainnya.
Terkait dengan hal tersebut, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa masyarakat dapat menggunakan layanan tersebut untuk berbagai keperluan, antara lain transaksi transfer untuk THR, transaksi tarik tunai, pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA), tagihan listrik, dan transaksi lainnya.
“Momentum lebaran menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Oleh karena itu, BRI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan pelanggan, salah satunya melalui inisiatif kolaborasi dengan Waze ini. Diharapkan, hal ini mampu memberikan informasi kemudahan akses layanan perbankan BRI, kapanpun dan dimanapun dengan lebih praktis”, ujarnya.
Sebagai informasi, total jaringan e-channel BRI per akhir Desember 2022 mencapai 13.863 ATM, 228.340 EDC, 8.007 CRM. Di samping dapat memanfaatkan ATM/CRM, masyarakat dapat memanfaatkan AgenBRILink yang jumlahnya mencapai 627.000 tersebar di seluruh pelosok negeri. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan layanan digital banking BRI dalam hal ini Super Apps BRImo yang saat ini sudah memiliki lebih dari 100 fitur dan layanan yang memudahkan masyarakat bertransaksi langsung melalui smartphone nasabah.***