JAKARTA, Stabilitas.id – Bank Mandiri mendukung rogram Golden Visa pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, sebagai salah satu layanan utama dari Ditjen Imigrasi – Kemenkumham RI.
Program tersebut hadir dengan penawaran layanan Visa kepada Warga negara Asing (WNA) dengan kualifikasi tertentu untuk tinggal di Indonesia selama 5 tahun atau 10 dengan menginvestasikan “Jaminan Keimigrasian”.
Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan negara serta mendukung perekonomian nasional.
BERITA TERKAIT
Program Golden Visa tersebut mewajibkan WNA untuk menginvestasikan Jaminan Keimigrasian baik berupa Dana yang mengendap di bank milik negara, Obligasi Negara Indonesia, Saham perusahaan di Indonesia, Reksadana maupun Investasi properti di Indonesia tergantung dari jenis Golden Visa yang dipilih oleh WNA tersebut.
Dalam kerjasama ini, Bank Mandiri bersama Ditjen Imigrasi – Kemenkumham RI, mengembangkan sistem yang mempu menampung, mengelola dan memberi tahukan terkait Jaminan Keimigrasian tersebut kepada Ditjen Imigrasi. Hal tersebut membuat Ditjen Imigrasi mendapatkan kepastian bahwa WNA tersebut masih eligible atau tidak menerima program Golden Visa tersebut.
Selanjutnya, WNA yang dinyatakan eligible tersebut dapat membuka rekening Jaminan Keimigrasian tersebut di negara asal melalui superapp Livin’ by Mandiri yang telah terintegrasi dengan portal Molina Ditjen Imigrasi/ portal Evisa DItjen Imigrasi.
Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menyampaikan, kerjasama ini akan sangat membantu WNA karena proses pembayaran dana jaminan rekening sudah dapat dilakukan sebelum tiba di Indonesia, tinggal mentransfer ke rekening yang telah dibuat di Bank Mandiri.
“Harapannya, kemudahan dan keamanan bertransaksi yang ditawarkan, dapat meningkatkan kualitas layanan publik Ditjen Imigrasi kepada para WNA dan semakin menarik perhatian para WNA untuk menginvestasikan dana nya di Indonesia.,” ungkap Darmawan J
Kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan PKS Optimalisasi Layanan Para Pihak dalam Bidang Keimigrasian dan Bidang Perbankan bersama Direktur Jenderal Imigrasi – Kemenkumham RI, Silmy Karim, yang berlangsung di Jakarta, pada Selasa (5/12/23).
Sementara itu, Direktur Jenderal Imigrasi – Kemenkumham RI, Silmy Karim mengatakan, inovasi perluasan channel pembayaran melalui Bank Mandiri dapat membantu memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan khususnya pada program Golden Visa di Indonesia agar berkontribusi positif bagi negara.***