JAKARTA, Stabilitas.id – Bank DBS Indonesia optimalkan layanan full-fledged digital banking melalui aplikasi digibank by DBS selama bulan Ramadhan 2022 ini guna penuhi kebutuhan transaksi nasabahnya. Berdasarkan data SurveySensum Ramadhan Consumer Insight 2022, gerakan konsumsi masyarakat mengalami kenaikan, bahkan mendekati normal pra-pandemi.
Presentase masyarakat yang menikkan anggaran belanja Ramadhan meningkat hingga 57% dibandingkan dengan tahun lalu, dan total anggaran belanja masyarakat pun naik 10% dibandingkan dengan tahun 2019, sebelum pandemi.
Hal ini sejalan dengan data transaksi ritel kartu kredit digibank pada bulan Maret 2022 yang mendekati normal dengan adanya peralihan ke platform e-commerce dan transaksi internasional, di mana total transaksi ritel mencapai 20% lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Dari sisi kartu debit dan transaksi sehari-hari, Bank DBS Indonesia mencatatkan pertumbuhan transaksi yang stabil dibandingkan tahun lalu. Pada kuartal I-2022, pembelanjaan secara offline (di lokasi) naik sebanyak 26%, didukung oleh pembelanjaan kuliner, bahan pokok (groceries) dan pakaian.
Transaksi yang dilakukan melalui aplikasi digibank by DBS juga banyak digunakan untuk e-commerce, pemesanan makanan online, dan berlangganan kanal hiburan. digibank by DBS juga memberikan keuntungan kepada nasabah dengan berbagai promosi untuk transaksi harian, salah satunya cashback untuk berbagai transaksi kartu debit serta layanan Bayar & Beli melalui aplikasi, seperti top-up emoney dan pembayaran tagihan.
Director Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, melalui kapabilitas digital Bank DBS Indonesia yang kami sebut ‘This is DBS digibanking’, kami optimistis bahwa nasabah dapat mengoptimalkan aplikasi digibank by DBS untuk kebutuhan perbankan sehari-hari. Terdapat berbagai fitur yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara mudah, nyaman, dan aman sesuai dengan prinsip kami, yaitu ‘Live More Bank Less’.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah yang membutuhkan layanan serba instan selama Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri, Bank DBS menyediakan solusi Digital yang mudah. Mulai dari pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit, hingga pengajuan KTA instan yang cukup klik di satu aplikasi.
Aplikasi digibank by DBS memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi secara digital, salah satu terobosannya adalah pengajuan kartu kredit digital secara online dengan approval 60 detik.
Pertumbuhan kartu kredit semakin menarik perhatian dengan tumbuhnya tren BNPL (buy now, pay later) di Indonesia. Tren BNPL sudah mulai menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi gaya hidup yang serba cepat, yakni berbelanja peralatan elektronik dan kebutuhan fashion, hingga melakukan perencanaan liburan melalui e-commerce.
Tercatat sebanyak 30% orang telah meningkatkan pengeluaran online mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penggunaan BNPL diminati karena dinilai memberikan kemudahan dalam bertransaksi, cepat, serta menghadirkan pilihan cicilan yang dapat diatur sesuai kebutuhan penggunaannya.
Head of Card Business PT Bank DBS Indonesia Ari Lastina menuturkan, “Melalui kemudahan persetujuan 60 detik, Kartu Kredit Digital digibank Black dan LiveFresh memungkinkan nasabah menggunakan layanan BNPL 0% tiga bulan yang cepat dan aman, dengan keunggulan di mana seluruh transaksi ritel nasabah di merchant manapun di dalam dan luar negeri dapat diubah menjadi BNPL.”
Dengan melakukan transformasi digital ini Bank DBS meraih berbagai penghargaan yang, di antaranya Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millennials’ Choice) 2021 oleh ICONOMICS, Indonesia Outstanding Millennials’ Brand Choice Awards 2021 oleh Warta Ekonomi, Digital Brand Awards 2021 oleh Infobank, Indonesia Digital Innovation Awards 2021 oleh Warta Ekonomi dan The Best Full-Fledged Digital Banking 2021 oleh CNBC.
Head of digibank PT Bank DBS Indonesia Erline Diani mengatakan, “Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan layanan yang ada untuk menjadi full-fledged digital banking; sebuah aplikasi perbankan yang memberikan pelayanan lengkap mulai dari kegiatan perbankan sehari-hari seperti menabung, transaksi belanja hingga investasi dan produk pinjaman dalam satu aplikasi. Digibank by DBS akan terus berkembang sebagai platform utama kami untuk semakin memajukan bisnis consumer Bank DBS Indonesia dan mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi.”
Bank DBS Indonesia dinobatkan sebagai World’s Safest Bank selama 13 tahun berturut-turut, senantiasa melakukan edukasi kepada nasabah untuk menjaga keamanan bertransaksi. Salah satunya dengan menjaga informasi rahasia seperti kata sandi, OTP, CVC dan PIN, serta menghindari penipuan dengan mencurigai adanya kontak dari customer center palsu, e-mail palsu, dan akun sosial media yang tidak resmi.***