JAKARTA, Stabilitas.id – PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (Bank BTPN) resmi mengganti nama menjadi PT Bank SMBC Indonesia. Pergantian nama tersebut disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).
Direktur Utama Bank BTPN, Henoch Munandar, dalam keterangan resminya, pada Kamis (29/8/24) mengatakan, perubahan ini menunjukkan sinergi kuat yang terjalin antara Bank BTPN dengan induk usaha, yang mana sebelumnya Bank BTPN telah melakukan merger dengan PT Bank Sumitomo Mutsui Indonesia, di 2019 lalu.
“Kami harap Bank BTPN dapat memperkuat posisi di pasar domestik dan menegaskan relevansi Perseroan bagi segmentasi yang lebih luas melalui layanan keuangan yang komprehensif dan inovatif di seluruh lini bisnis,” kata Henoch.
Dalam RUPSLB, disetujui juga penunjukan Marita Alisjahbana, sebagai Komisaris Independen Bank BTPN untuk memperkuat pengawasan di bidang manajemen risiko dan praktik tata kelola Perseroan.
Marita Alisjahbana adalah salah satu ahli manajemen risiko senior yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun di dunia perbankan. Adapun jabatan terakhirnya adalah sebagai Direktur Risiko Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority.
“Pengangkatan Marita Alisjahbana sejalan dengan komitmen Bank BTPN untuk selalu mematuhi standar dan kebijakan yang berlaku serta memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan dan nasabah,” lanjutnya.
Hingga Juni 2024, Bank BTPN mencatatkan kinerja yang positif sepanjang semester I-2024. Aset Bank BTPN meningkat 22% tahun ke tahun (yoy) menjadi Rp 235,8 triliun, penyaluran kredit tumbuh 19% yoy menjadi Rp 176,2 triliun, dan pendapatan bunga bersih naik 17% menjadi hampir Rp 7,0 triliun. Pencapaian ini ditopang dengan penyaluran pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp.16,33 triliun, termasuk dalam bentuk pinjaman hijau dan pinjaman untuk UMKM.
Di Jenius, penyaluran kredit tumbuh 134% yoy menjadi Rp 3,1 triliun dan pengelolaan dana pihak ketiga naik 10% yoy menjadi Rp 27,2 triliun. Bank BTPN juga berhasil menjangkau lebih dari 6,3 juta penerima manfaat melalui 4.905 aktivitas dari program Daya.
“Bank BTPN tetap berkomitmen untuk terus beradaptasi dan berinovasi untuk memberikan produk dan layanan terbaik, serta mengedepankan kemudahan proses pelayanan dan meningkatkan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi, untuk menciptakan kehidupan yang lebih berarti bagi seluruh nasabah kami,” tutupnya.***