JAKARTA, Stabilitas — Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menyelenggarakan rangkaian pameran dan seminar literasi keuangan pada 26 – 28 Agustus 2016 di Semarang untuk para blogger. Mengusung kampanye “#Indonesia lebih baik” pameran dan seminar ini akan mengedukasi masyarakat mengenai asuransi, investasi, dan kewirausahaan.
Sun Life mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dan sekaligus mempersiapkan perencanaan keuangan dengan matang di masa mendatang. Semarang adalah kota keempat yang dikunjungi, di mana rangkaian kegiatan ini sebelumnya telah sukses diselenggarakan di Makassar pada 22-24 April, Surabaya 27-29 Mei, dan Bandung 29-31 Juli 2016.
Menurut data yang dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan dalam seminar Insurance Outlook 2016, minat masyarakat Indonesia untuk berasuransi masih tergolong rendah. Sampai dengan akhir September 2015, tingkat penetrasi asuransi konvensional baru mencapai 2,51 persen.
Melihat fakta penetrasi tersebut, Sun Life menilai penyelenggaraan rangkaian pameran dan seminar literasi keuangan inimerupakan langkah yang tepat untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi terkait asuransi dan investasi.
Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia mengatakan, Sun Life memiliki komitmen untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat terlebih dahulu agar menumbuhkan minat masyarakat akan asuransi, investasi, dan kewirausahaan. Sehingga masyarakat menjadi sadar akan pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan sejak dini. “Kami memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan portal online kami, Bright Advisor,” katanya melalui siaran pers yang diterima, Selasa (30/8/2016).
Bright Advisor adalah sebuah portal online yang dikembangkan Sun Life sebagai media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Bright Advisor diciptakan untuk dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat serta dalam bahasa yang mudah dimengerti. Dalam memanfaatkan Bright Advisor, pengunjung tidak akan dikenakan biaya ataupun harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu.
Pameran dan seminar di Semarang ini menghadirkan dua narasumber antara lain, Joice Tauris Santi, seorang financial planner independen terkemuka, serta Muna Sungkar seorang blogger, traveler dan penulis yang mempunyai profesi sebagai dosen. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman seputar perencanaan keuangan dan kewirausahaan kepada para blogger.
“Sun Life percaya bahwa akses yang mudah dalam mendapatkan informasi seputar asuransi dan investasi akan membantu dan mempercepat masyarakat untuk berkembang secara ekonomi maupun sosial. Sehingga hal tersebut dapat mewujudkan #Indonesia yang lebih baik,” pungkas Elin Waty.
Selain di Semarang, rangkaian pameran dan seminar literasi keuangan ini akan diselenggarakan di Yogyakarta.