JAKARTA, Stabilitas – Travelling telah menjadi gaya hidup sebagian kalangan masyarakat. Perkembangan teknologi turut mengambil peran dalam mendukung para traveler mendapatkan kemudahan bagi perjalanannya. Hal tersebut juga dimanfaatkan sebagian perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
Standard Chartered bersama Traveloka melakukan kerja sama dalam meluncurkan program khusus liburan bagi nasabah. Kerja sama ini juga sekaligus mengembangkan bisnis Standard Chartered dalam bidang e-commerce karena mereka melihat transaksi nasabah dengan menggunakan kartu kredit melalui system online telah jauh meningkat, khususnya transaksi liburan atas beragam destinasi menjadi yang paling diminati.
“Peluncuran program khusus liburan ini merupakan bagian upaya Standard Chartered untuk mendukung rencana pengembangan perusahaan secara agresif melalui e-commerce”ujar Head of Segments Retail Banking Standard Chartered, Ruddy Martono, Selasa (23/8/2016).
Ruddy menambahkan bahwa Standard Chartered memiliki kartu kredit WorldMiles yang penggunanya sebagian besar merupakan Travellers. Sehingga Traveloka yang dipilih sebagai exclusive partnership dinilai sangat tepat dan mampu memerikan nilai yang lebih dan pengalaman kepada konsumen.
Kebiasaan menggunakan teknologi penyedia tiket pesawat dan hotel perlu diciptakan. Tidak semua orang terbiasa menggunakan teknologi online dalam memesan tiket pesawat maupun hotel, untuk itu pelayanan yang baik dan memuaskan menjadi kunci agar konsumen memiliki pengalaman yang memuaskan sehingga berdampak pada kebiasaan. Hal ini dilakukan Traveloka dalam memberikan pengalaman booking terbaik kepada tiap pelanggan.
“Kita melihat tidak semua customer menggunakan aplikasi online, pertama karena mereka tidak tahu akan aplikasi semacam traveloka, kedua tidak tahu apakah ada pesawat yang tiketnya bisa dibeli secara online tapi tren lain seandainya customer kita sudah sekali membei tiket pesawat ataupun hotel di traveloka, itu akan menciptakan suatu habit atau experience yang bagus untuk kembali lagi menggunakan traveloka, “ jelas Chief Executive Officer Traveloka, Ferry Unardi.
Traveloka menjadi excecutive partnership karena Standard Chartered menerapkan salah satu pilar ritelnya yaitu “Travel”. Selain itu kerja sama yang dilakukan bukan semata untuk memperluas jaringan dengan banyak perusahaan, melainkan kerja sama dalam jangka waktu yang panjang sehingga value yang diberikan kepada nasabah menjadi lebih banyak dan kontinyu.
“Kerjasama kita itu bagaimana supaya lebih erat, bukan kerja sama dengan banyak partner tapi hanya dangkal, kita berpikir bagaimana kita bekerja sama dengan partner dengan lebih long term dan erat sehingga value yang kita berikan kepada nasabah menjadi lebih banyak,” tutup Ruddy.
Sebelumnya Standard Chartered telah ‘menggandeng’ dua perusahaan serupa dalam pengembangan bisnis e-commerce yaitu blibli.com dan MAPemall pada Februari 2016. Ima