JAKARTA, Stabilitas — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan PT Pos Indonesia (Persero) bekerjasama untuk saling melengkapi layanan yang diberikan kepada masyarakat. Perpaduan layanan yang dimiliki oleh kedua perusahaan ini akan memperkaya service yang diberikan kepada pelanggan Pos Indonesia dan nasabah BNI.
Kerja sama dimulai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman tentang Pemanfaatan Layanan oleh Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dan Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W Setijono di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, akhir pekan lalu.
MoU tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Layanan BNI e-Collection untuk Layanan Top Up Rekening MPOSPAY dan Deposit Agen Pos oleh Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan Adi Sulistyowati dan Direktur Teknologi dan Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Indyruwani Asikin Natanegara.
Achmad Baiquni menegaskan bahwa kerja sama ini merupakan sebuah upaya konkrit dari sinergi antar Badan Usaha Milik Negara yang saling menguntungkan dan saling mendukung pengembangan bisnis masing-masing. Melalui kerja sama ini, layanan perbankan BNI dapat disalurkan melalui Agen-agen POS yang berjumlah puluhan ribu di seluruh Indonesia. BNI juga menyiapkan beragam fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para Agen POS.
Berbagai layanan perbankan yang siap disalurkan BNI melalui POS antara lain BNI Kredit Pensiunan (BKP) dan Pengiriman uang (Remittance). Adapun layanan BNI yang dapat dinikmati oleh para Agen POS antara lain adalah pemberian bantuan kredit melalui Program Kemitraan (Kredit Usaha Rakyat) dan Pembayaran Top Up untuk Agen.
Di sisi lain, BNI juga akan memanfaatkan kerja sama ini dalam hal pengiriman barang melalui Jasa Cargo Pos Indonesia. BNI akan mengembangkan fungsi keagenan Pos untuk melayani transaksi perbankan dengan agen Laku Pandai (Branchless Banking). Dengan tambahan fungsi ini agen Pos dapat digunakan juga untuk penyaluran program bantuan Pemerintah.