Jakarta – PT. Asuransi Wahana Tata mengalami peningkatan premi bruto tercermin dari kepercayaan dan kepuasan nasabahnya. Pada kwartal pertama meningkatnya premi bruto sebesar 84 persen, dari sebelumnya Rp. 178 miliar menjadi Rp. 328,5 miliar pada periode yang sama.
Ini berarti telah mencapai 27 persen dari target perolehan premi 2011 sebesar Rp. 1,22 trilyun. Hasil underwriting pun meningkat tajam sebesar Rp. 68 miliar dibanding sebelumnya pada periode yang sama Rp. 1,5 miliar atau naik sebesar 4.396 persen.
Ada 3 penyokong utama meningkatnya premi bruto di perusahaan Asuransi Wahana Tata ini, yaitu nasabah pada bidang properti 40 persen, cargo marine 10 persen, dan terakhir kendaraan 50 persen.
BERITA TERKAIT
“Karena kepercayaan adalah sebuah tanggung jawab besar bagi kami, maka sudah menjadi komitmen kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah, terutama pada saat terjadi klaim”, ucap Christian Wanandi, Presiden Direktur Asuransi Wahana Tata, Rabu (8/6).
Di 2010 klaim bruto naik dari Rp. 516,3 ditahun 2009 menjadi Rp. 524,4 miliar, yang berarti naik sebesar Rp. 8,1 miliar atau 1.6 persen, termasuk pembayaran klaim pada saat gempa Padang terjadi sebesar Rp. 260 miliar. “Untuk peningkatan kedepannya pelayanan akan terus kami tingkatkan, baik dalam hal prosedur maupun kecepatannya”, jelas Direktur Marketing Asuransi Wahana Tata, Dra. M. Th. Ratnawati, pada saat dijumpai dikantornya Jl. Rasuna Said, kemarin.
Untuk tahun ini, perusahaan asuransi yang berumur 46 tahun ini memiliki strategi untuk terus meningkatkan hasil yang terbaik bagi perusahaan dan tentunya bagi nasabah. Strateginya yakni dengan cara, melakukan perubahan internal. Dalam hal internal ini, pertama Asuransi Wahana Tata lebih fokus kepada target market. Kedua, dilakukannya pelatihan-pelatihan kepada seluruh karyawan di semua level agar kinerja mereka lebih maksimal dibandingkan sebelumnya.
Menurut Christian jika strategi dan kinerja ini berjalan dengan baik, maka dapat diyakini pasti mampu membuat lompatan besar (quantum leap) sebagaimana dicanangkan pada 11-1-2011 di Bandung menuju terwujudnya visi menjadi 5 besar perusahaan asuransi umum di Indonesia.
Selain strategi yang ada pada diri perusahaan (internal), Asuransi Wahana Tata pun akan menjalin kerjasama yang lebih baik dan professional dengan mitra usaha, seperti perusahaan Reasuransi dan Asuransi, Broker, Agen Asuransi, Loss Adjuster, Bengkel, Bank (pemerintah, asing, dan swasta), Lembaga Pembiayaan, dll.
“Untuk itu kami terus meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM melalui pendidikan dan pelatihan agar terintergritas, professional, inovatif, dan kreatif”, tutur Ratna, dengan tujuan menjawab berbagai kebutuhan, tantangan, dan persaingan di industry asuransi.
Dengan harapan Asuransi Wahana Tata dapat melakukan semua itu sebagai kontribusi pada proses pembangunan nasional, khususnya pada perkembangan industry asuransi umum di Indonesia.