JAKARTA, Stabilitas.id – PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK), memperkuat operasional bisnis dengan memprioritaskan produktivitas, efisiensi operasional, dan keunggulan yang berorientasi pada klien.
Hal tersebut diwujudkan dengan, CLIK berkolaborasi dengan perusahaan biro kredit lain di Indonesia pada tahun 2023, dalam rangka meningkatkan kesadaran di kalangan pemangku kepentingan dari sektor swasta dan pemerintah.
“Bank konvensional dan perusahaan multifinance masih sangat bergantung pada proses kredit yang sudah ada dan berdampak pada hambatan di ekspansi industri kredit. Di sisi lain, industri fintech menghadapi tekanan signifikan seperti penurunan suku bunga dan reformasi regulasi yang diperlukan untuk mengembangkan sektor ini secara berkelanjutan,” ungkap Presiden Direktur CLIK, Leonardo Lapalorcia.
Menurut CLIK, di tahun lalu, ada beberapa reformasi regulasi yang melibatkan LPIP (Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan) dan ICS (Innovative Credit Scoring) sehingga memiliki dampak besar pada bisnis CLIK. Meskipun begitu, CLIK berhasil mencatatkan kinerja bisnis yang positif.
“Komitmen pada penguatan struktur organisasi, kompetensi, serta fokus pada produktivitas sepanjang tahun lalu, CLIK berhasil meraih margin kotor sekitar 30%, peningkatan luar biasa dalam total enquiry klien (lebih dari 200%), dan kami juga berhasil memperoleh hingga 52 klien baru pada tahun lalu. Pencapaian tersebut memperlihatkan kepercayaan klien terhadap kualitas layanan CLIK,” lanjut Leonardo.
Chief Revenue Officer CLIK, Jan Louise Rudy Tjintjelaar menambahkan, lembaga keuangan dan non-keuangan kini mencari solusi untuk mengembangkan strategi terbaik dalam menyalurkan pinjaman secara efektif, sambil tetap menjaga profitabilitas sebagai prioritas mereka.
“Biro kredit swasta punya peran untuk mengurangi risiko NPL, mendapatkan akses ke pasar baru, dan penilaian kredit inovatif untuk meningkatkan produktivitas lembaga keuangan,” ungkapnya.
CLIK sendiri sudah meluncurkan beberapa produk sejak tahun lalu dengan fokus untuk mendukung kinerja sektor kredit lembaga keuangan. Beberapa rangkaian produk CLIK antara lain:
- Consumer Enquiry – API: Produk dengan respons cepat yang melayani kebutuhan pemberi pinjaman, termasuk LPIP dan pelanggan lainnya.
- CLIK Dashboard: Perangkat manajemen informasi yang menyediakan akses tanpa hambatan dan real-time, paling komprehensif dan terbaru tentang data Pasar Kredit Indonesia. Solusi berbasis web interaktif ini memberdayakan pemimpin industri, eksekutif, peneliti, dan pejabat pemerintah dengan perangkat yang mereka butuhkan untuk menavigasi dan memahami dinamika di industri ini.
- CLIK Spectrum: Menggunakan skor telekomunikasi, Bank dapat meningkatkan tingkat approval pinjaman hingga 10% tanpa mempengaruhi tingkat NPL, mampu mengidentifikasi pelanggan dengan risiko menengah ke segmen risiko rendah.***