JAKARTA, Stabilitas.id – Pupuk Indonesia, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang wastra (warisan nusantara) dan kerajinan tangan.
Kali ini, Pupuk Indonesia menghadirkan ajang Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 di Jakarta tanggal 26 – 28 Februari 2024, yang mempertemukan puluhan UMKM binaan Pupuk Indonesia yang memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada investor baik lokal maupun internasional.
Tahun ini menjadi yang pertama kali Pesona Kriya Pupuk Indonesia diadakan. Kegiatan ini menyajikan beberapa kegiatan seperti bazar UMKM dan peragaan busana yang melibatkan seluruh produk UMKM. Adapun bazar UMKM diikuti oleh 41 peserta, yaitu 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, lima established brand dan Biofarma sebagai BUMN undangan.
Pada acara ini, Pupuk Indonesia mengundang sejumlah kepentingan dari berbagai negara antara lain Duta Besar Maroko, Duta Besar Palestina, Duta Besar Polandia, Duta Besar Yordania, Duta Besar Qatar, Duta Besar Italia. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 UMKM binaan pupuk indonesia yang sudah mampu memasarkan produk mereka ke pasar internasional.
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi menyampaikan, acara Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 merupakan bentuk pembinaan Pupuk Indonesia Grup terhadap UMKM dan komitmen perusahaan dalam mendukung promosi budaya Indonesia melalui produk wastra.
“Melalui Pesona Kriya ini, Pupuk Indonesia memperkenalkan produk serta memperluas jaringan pasar bagi pelaku UMKM. Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup,” ungkap Rahmad.
Kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM bertujuan untuk menciptakan ekosistem berkelanjutan serta meningkatkan perekonomian serta kemandirian para pelaku UMKM, khususnya bagi pelaku perempuan sebagai kaum rentan.
Pesona Kriya Pupuk Indonesia juga digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia Grup yang ke-8. Hal ini diharapkan menjadi media pertukaran ide, dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fesyen lokal.
Ketua PIKA-PI Grup, Tata Rahmad Pribadi menambahkan, PIKA-PI Grup senantiasa mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Hal ini juga sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di 2024, yaitu “Women’s Support For Sustainability”.
“PIKA-PI Grup menyadari pentingnya pembinaan dan pengembangan UMKM yang selaras dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Kami berharap Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin memberikan peluang bagi seluruh UMKM untuk menjangkau pasar internasional,” tutup Tata Rahmad Pribadi.***