JAKARTA, Stabilitas.id – UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam rangka HUT BRI, kembali menjadi panggung inspiratif bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu kisah sukses yang mencuat adalah perjalanan MUNO FOLK, produsen home fragrance asal Bandung, Jawa Barat.
Husni Muthohari, founder dan CEO MUNO FOLK, mengungkapkan bahwa keterlibatannya dalam BRILIANPRENEUR sejak 2021 telah membawa dampak positif yang signifikan bagi perkembangan usahanya. “Mengikuti ajang ini bisa bertukar pikiran dengan sesama UMKM. Di sini banyak inspirasi, banyak motivasi untuk membangun produk dan market baru,” ujar Husni.
Pandemi Covid-19 menjadi ujian sekaligus pendorong bagi MUNO FOLK untuk beradaptasi. Segala kegiatan BRILIANPRENEUR dilakukan secara daring. Tentu saja hal tersebut mengasah MUNO FOLK untuk lebih tahan banting saat menghadapi krisis akibat pandemi.
MUNO FOLK, yang telah berdiri sejak 2018, tidak hanya mendapatkan inspirasi dan motivasi dari BRILIANPRENEUR tetapi juga mendapat pendampingan yang memperkuat fundamental usaha mereka. Program BRI lainnya, seperti Pengusaha Muda Brilian (PMB), turut memberikan kontribusi penting dalam menghadapi tantangan bisnis.
Hal ini menjadi sangat penting karena melalui pendampingan banyak ilmu yang aplikatif dalam menunjang keberlangsungan serta pembangunan usaha. Selain itu, jaringan yang dibangun melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR membuka peluang ekspor bagi MUNO FOLK.
Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, menekankan pentingnya dukungan untuk pertumbuhan UMKM. “Tumbuh kembang UMKM perlu difasilitasi dan diapresiasi agar perannya sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia semakin kuat,” kata Amam.
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 berhasil mencatatkan dealing commitment melalui business matching senilai USD 81,3 juta dollar atau Rp1,26 triliun. Acara ini tidak hanya menjadi wadah bisnis tetapi juga menjadi sarana bagi UMKM Indonesia untuk bersaing secara global.
Melalui pelatihan dan dukungan dari BRI, UMKM diharapkan mampu merealisasikan potensi go global dan berhasil dalam business matching. “Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global,” ungkap Amam. Dengan demikian, BRI turut mendukung visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju berpenghasilan tinggi.
Penulis: Syahrani