JAKARTA, Stabilitas.id – Bank Muamalat mendapatkan nilai tertinggi dalam hal kepuasan dan loyalitas nasabah, yang membuatnya dinobatkan sebagai Bank Umum Syariah (BUS) terbaik dalam survei Satisfication, Loyalty, and Engagement (SLE) 2023.
Direktur Operasi Bank Muamalat, Wahyu Avianto mengatakan, sepanjang tahun 2022, pihaknya telah melakukan banyak peningkatan dalam hal kualitas pelayanan, bukan hanya di kantor cabang, namun juga secara digital.
Inovasi terbaru yang dilakukan Bank Muamalat adalah Digital Costumer on Board yang memungkinkan calon nasabah membuka rekening baru, cukup melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN.
BERITA TERKAIT
Selain aplikasi Muamalat DIN, Bank juga terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah di kantor cabang, call center SalaMuamalat, dan platform layanan digital.
“Hasil survei yang menggembirakan ini adalah buah dari kerja keras seluruh Insan Muamalat dari Aceh sampai Papua. Kami jadikan capaian positif ini sebagai pemacu semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah Bank Muamalat,” ungkapnya.
Survei yang dilakukan Marketing Research Indonesia (MRI) bersama Majalah Infobank ini, mengukur empat indkes yaitu, loyalty, engagement, marketing engagement, dan satisfaction. Dalam survei tersebut, Bank Muamalat mendapatkan capaian sebesar 65,34% dari rata-rata skor indeks SLE perbankan secara umum sebesar 61,18%. Sedangkan untuk perbankan syariah, skor rata-rata SLE adalah 60.97%.
Wahyu mengungkapkan, untuk meningkatkan kualitas layanan, Bank Muamalat terus melakukan pembaharuan sejalan dengan implementasi service soul yang diberi nama “HIJRAH” yang terdiri dari enam nilai yaitu Hati, Istimewa, Jalan Keluar, Responsif, Andal dan Hangat.
Selain itu, Bank Muamalat juga membuat standar pelayanan dengan nama Service Ritual yang menjadi upaya peningkatan kualitas layanan dengan tujuan membangun budaya melayani dan memitigasi potensi Tindakan fraud dan kesalahan data.***