JAKARTA, Stablitas.id – Memasuki usianya yang ke-27 tahun pada 26 Mei 2022, Telkomsel Melalui keandalan tiga pilar digitalnya, yakni sebagai penyedia Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service, menegaskan tujuan kehadirannya dengan memberikan solusi dan inovasi produk dan layanan terbaik bagi masyarakat.
“Tahun ini, masih dengan semangat yang sama untuk memajukan ekosistem digital Indonesia, Telkomsel memastikan akan terus menghadirkan lebih banyak solusi inovatif melalui pemanfaatan teknologi digital terkini yang diaktualisasikan dalam pengembangan produk dan layanan digital yang komprehensif melalui beragam inisiatif kolaborasi, dalam rangka memenuhi kebutuhan komunikasi dan digital lifestyle masyarakat yang terus berkembang.” Ungkap Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel.
Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pelanggan yang kini mencapai 175 juta pelanggan serta pembangunan infrastruktur broadband terdepan mencapai 247.000 BTS, yang sebagian besarnya sudah terhubung teknologi broadband 4G/LTE dengan jangkauan lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia.
Kepercayaan pelanggan turut berdampak pada transformasi Telkomsel dan peningkatan bisnis digitalnya yang kini mampu berkontribusi lebih dari 79 persen dari total pendapatan perusahaan.
Telkomsel mempersembahkan empat pilar komitmen kemajuan yakni progress, transformation, collaboration, dan expansion.
Pada pilar progress, Telkomsel menggariskan upaya berkelanjutan agar tetap relevan dengan berbagai perubahan di masyarakat yang berdampak positif pada keberlangsungan bisnis. Salah satunya dengan konsisten menghadirkan produk dan layanan yang customer-centric.
Pada pilar transformation, Telkomsel ingin menegaskan kembali peta jalan transformasi perusahaan yang telah diusung dalam beberapa tahun terakhir, yakni bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.
Sedangkan pada pilar collaboration, Telkomsel secara konsisten terus menjadikan kolaborasi sebagai salah satu landasan untuk pengembangan perusahaan di tengah iklim industri telekomunikasi yang semakin dinamis.
Melalui prinsip tersebut, Telkomsel sukses menjalin sinergi strategis dalam mengembangkan berbagai solusi dan inovasi layanan lintas industri, seperti bersama pelaku industri perbankan (BCA, BNI, Bank Mandiri dan lainnya), pelaku bisnis digital (Gojek, LinkAja, Tokopedia, Ruangguru, dan lainnya), hingga menjalin skema coopetition bersama penyedia platform Over The Top/OTT (HBO GO, Disney+ Hotstar, Netflix dan lain sebagainya).
Terakhir dalam pilar expansion, guna memastikan keberlanjutan peta jalan transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel telah meluncurkan sejumlah inisiatif yang mempertegas langkah perusahaan untuk mengembangkan bisnis di industri digital.
Hal tersebut telah ditunjukkan pada tahun ini melalui pembentukan anak perusahaan baru dengan identitas brand perusahaan: INDICO. Pada tahap awal pengembangannya, INDICO menjadi holding company bagi tiga anak perusahaan dari portofolio bisnis vertikal Telkomsel yang sedang berkembang di sektor digital, yakni kesehatan (health-tech) melalui layanan aplikasi Fita, pendidikan (edu-tech) melalui layanan aplikasi Kuncie, dan sektor mobile gaming melalui anak usaha Majamojo.
Peran INDICO sebagai digital initiative enabler & orchestrator sangat vital untuk membuka jalan dan mengawal potensi besar ketiga anak usaha tersebut dalam mendorong perekonomian digital nasional.
Hendri lebih lanjut menambahkan, sebagai bagian dari rangkaian kemeriahan hari jadi ke-27 Telkomsel, dalam waktu dekat akan menggelar sejumlah kegiatan dan program spesial, di antaranya Customer Day dan Telkomsel Awards 2022.
Customer Day 2022 merupakan program spesial yang dipersembahkan kepada pelanggan Telkomsel yang akan diselenggarakan di kota Bandung, Surabaya, Palembang dan Makassar, dengan menghadirkan program apresiasi serta pelayanan terbaik secara berkelanjutan melalui beragam penawaran menarik, seperti promo produk dan layanan digital unggulan Telkomsel, Talkshow, Artist performance, 5G Showcase dan lainnya.
Sementara Telkomsel Awards 2022 dihadirkan Telkomsel untuk memberikan apresiasi kepada para insan yang telah banyak menginspirasi melalui karya dan prestasi, seperti di bidang musik, film, dan esports, yang diharapkan dapat mendorong semangat baru agar dapat terus konsisten berkontribusi dalam memberikan dampak positif bagi bangsa.
“Telkomsel akan terus memperkuat tujuan perusahaan sebagai digital ecosystem enabler, memperluas portofolio bisnis digitalnya, sekaligus mengambil peran dalam mendorong dan mendukung pertumbuhan bisnis untuk memperkuat ekosistem digital nasional,” tutup Hendri.***